Sunday, August 8, 2010

Efek Psikologi Warna Hijau

dalam dunia psikologi, warna memiliki peran penting dalam memengaruhi kejiwaan seseorang yang melihatnya. dalam artikel kali ini, saya kan membahas tentang efek psikologi warna hijau. tidak hanya pengaruh warna hijau terhadap psikis seseorang, namun juga dampak warna hijau terhadap kondisi fisik.



warna hijau dalam al-Qur'an disebutkan berulang kali dalam sembilan ayat; al-An'am 99, Yusuf 43, Yusuf 46, al-Kahfi 31, al-Hajj 63, Yaasiin 80, ar-rahman 64, ar-Rahman 76, dan al-Insan 21. dalam ayat-ayat tersebut, warna hijau lebih sering dikaitkan dengan kemakmuran bumi dan keberadaan surga atau iklim keceriaan, kesenangan, kebahagiaan, dan ketenangan jiwa makhluk yang dikelilingi warna hijau.

dalam surat ar-Rahman, Allah berfirman:

"Maka bertelekan padabnatal-bnatal yang hijau dan permadani yang indah" (Qs. ar-Rahaman: 76)

sedangkan dalam surat al-Insan, kita temukan firman Allah:

"Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal yang dipakaikan kepada mereka gelang (yang) terbuat dari perak dan Tuhan memberikan kepada mereka yang bersih." (Qs. al-Insan:21)

Ardithcham, seorang ahli psikologi dunia ditahun 2008, didukung oleh ilmuan Suriah, Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ahmad Qurquz mengatakan bahwa warna mamiliki pengaruh besar dalam diri manusia. sejumlah riset dan eksperimen pun turut dilakukan untuk membuktikan bahwa warna dapat mempengaruhi maju mu8ndurnya seseorang dalam melangkah, membuatnya merasakan panas atau dingin, senang atau sedih, bahkan bisa mempengaruhi kepribadian laki-laki dan pandangannya terhadap kehidupan.

mengingat pengaruh warna yang begitu dalam pada jiwa manusia, maka sejumlah rumah sakit besar di dunia pun mengundang para pakar untuk memberikan usulan warna dinding dan seragam dokter yang bisa menunjang kesembuhan para pasien.

sejumlah eksperimen menyatakan bahwa warna kuning dapat membangkitkan vitalitas sistem syaraf dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. warna ungu yang dikenal sebagai lambang fantasi dan imajinasi diakui dapat memberi stabilitas sistem metabolisme tubuh. sedangkan warna biru yang cerah dan terkesan sejuk membuat manusia merasa adem, berbeda dengan warna merah yang membuat orang-orang disekitarnya merasa panas. lalu bagaimana dengan hijau? inilah jawaban dari banyak pertanyaan mengapa pakaian operasi dan seragam para dokter ahli bedah berwarna hijau. para ahli menyimpulkan bahwa warna hijau dapat membangkitkan keceriaan, kegembiraan, dan kecintaan pada kehidupan.

menutup artikel kali ini, ada satu peristiwa unik yang berkaitan dengan warna. yakni, di kota London, ada sebuah jembatan bernama "Black Freire" yang terkenal dengan sebutan "jembatan bunuh diri". julukan ini diberikan karena banyaknya kasus bunuh diri yang dilakukan di atas jembatan tersebut. untuk mengubah citra buruk ini, pemerintah setempat mengganti warna jembatan yang semula berwarna cokelat tua menjadi hijau terang. ternyata setelah penggantian warna ini, angka bunuh diri di jembatan tersebut menurun drastis.

keunikan-keunikan dampak warna hijau di atas disebabkan medan mata untuk memandang warna hijau lebih kecil daripada medan pandang warna-warna lainnya. panjang gelombang warna hijau juga sedang. tidak sepanjang warna merah dan tidak sependek warna biru.--FatulNC--
*semoga bermanfaat

2 comments:

  1. subhanalloh...
    efek warna hijau begitu fantastis
    syukron yah buat ilmunya, insyaalloh bermanfaat

    ReplyDelete
  2. ya... begitulah mbak. sama-sama. alhamdulillah kalau bermanfaat.

    ReplyDelete