Monday, November 8, 2010

Yoghurt: si multifungsi


Yoghurt atau yogurt identik dengan wanita, kecantikan dan kesehatan. Yogurt yang berasal dari susu yang difermentasi mema

ng sangat baik bagi kesehatan. Bahkan bukan hanya untuk memperlancar saluran pencernaan yang seperti kita ketahui di iklan-iklan televise. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produk yogurt saat ini banyak menggunakan susu sapi.

Fermentasi gula susu (laktosa) pada susu sapi menghasilkan asam laktat. Protein dari asam laktat inilah yang berperan dalam menghasilkan

tekstur seperti gel dan bau yang khas untuk yogurt.

Yogurt yang beredar di pasaran saat ini sudah beragam, mulai dari beraneka rasa buah, cokelat, kopi, moka, hingga yogurt tawar yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan kuliner.

Seperti yang telah saya katakana di atas, bahwa kegunaan yogurt bukan hanya untuk membersihkan saluran pencernaan. Berikut adalah manfaat lain dari yogurt yang perlu Anda ketahui.



1. “membersihkan” usus

Bakteri asam laktat yangterdapat pada yogurt mampu menyerap zat mutagenic dari makanan yang ada di dalam usus besar, sehingga secara tak langsung dapat dikatakan “membersihkan” usus. Dengan mengonsumsi yogurt secara teratur akan membantu mencegah kanker usus. Apalagi yogurt juga menghasilkan zat-zat yang diperlukan olkeh hati, sehingga berguna untuk mencegah penyakit kanker. Selain tiu, bakteri Lactobacillus bulgaricus juga memiliki efek antitumor dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap tumor.

2. Sebagai antibody

Ada zat bermanfaat yang dihasilkan oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang disebut bulgarikan. Zat ini berfungsi sebagai antibiotic spesifik yang hanya membersihkan mikroorganisme yang merugikan. Bakteri “jahat” yang dihambat perkembangannya antara lain adalah Stphilococcus aureus, Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella Typhii (penyebab tipus), Clastrodium butolinum (penyebab butolinum, racun pada makanan kaleng), juga mencegah sembelit.

Umumnya, sehabis menjalani pengobatan dengan antibiotic, dokter menganjurkan pasien minum yogurt. Tujuannya untuk memulihkan keseimbangan mikroflora usus.

3. Menurunkan kolestrol

Yogurt terbukti mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Hal ini dmemungkinkan karena yogurt mengandung zat antikolestrol yang mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolestrol. Ditambah lagi kolestrol yang terbentuk juga diserap oleh pertumbuhan bakteri Lactobaccilus acidophilus, dan bakteri Bifidobakterium bifidum. Proses ini berlangsung di usus kecil.



4. Masker

Sejak berabad-abad silam wanita-wanita Persia menggunakan yogurt sebagai masker untuk mengurangi dan menghilangkan kerutan. Hingga saat ini pun, manfaat ini masih bias di rasakan. Caranya ialah dengan menyediakan setegah gelas yogurt tawar dan lima tetes air jeruk lemon. Campur kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada wajah. Biarkan hingga beberapa saat hingga masker mengering dan teras kencang. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih.

Tak hanya itu, masker yogurt juga dipercaya untuk menghilangkan noda hitam pada wajah.

5. Nutrisi untuk diet

Kandungan gizi yogurt yang sangat tinggi mampu melebihi gizi yang terkandung dalam segelas susu segar. Dalam yogurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium, dan potassium yang lebih tinggi dibandingkan susu segar, dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Karakter inilah yang menjadikan yogurt cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet rendah kalori.

*semoga bermanfaat

Terima kasih kepada Bapak Drs. M. Yanis Musdja, M.Sc, Apt. atas informasi^^ -FatulNC-

No comments:

Post a Comment