Wednesday, May 20, 2009

HARBUKNAS. terlupakan atau dilupakan?

kalau saya bertanya pada teman-teman tentang hari kasih sayanmg di sebut Valentine itu. pasti dengan kompak dan mantap mereka menjawab 14 Februari. aneh yah? saya yakin, sebagian mereka tidak tahu apalagi mengerti tentang sejarah dan asal mula hari kasih sayang itu.

tapi bagaimana kalau saya bertanya "kapan hari buku nasional?". saya yakin, jawaban mereka pasti, "hah, memang ada?" atau "hari buku nasional? baru dengar tuh!" atau "hah, gak tahu"

miris memang, jika banyak dari teman kita yang memperhatikan budaya asing. dan membelakangi budaya sendiri. Hari Buku NAsional (HARBUKNAS). namanya saja nasional, berarti itu punya Indonesia asli.

dalam keadaan seperti ini, tidak baik rasanya jika harus saling menyalahkan, siapa yang salah sehingga warga Indonesia tak mengenal budayanya. bagi saya maklum saja kalau sedikit sekali dari kita yang tahu kapan HARBUKNAS dirayaka (atau mungkin Anda sendiri tidak tahu).

bagi saya tak usah bingung memikirkan situ. karena kalau kita telaah lebih jauh lagi. memang jangan berlama2 heran. karena rakyat Indonesia sendiri saja, tidak terbiasa dengan budaya membaca. bahkan masih banyak yang masih buta huruf.

kasihan yah, nasib Indonesia. kalau memang peduli, ayo kita budayakan membaca. agar Indonesia kita bisa bangkit, selayaknya negara yag bangkit. karena menurut saya, sekarang Indonesia belum sepenuhnya bangkin. ia baru terbangun dari mimpi buruk, yaitu penjajahan. tapi tak tahu bahwa di saat ia membuka mata, masih banyak lagi penjajah2 yang berkeliaran untuk menjajahnya. bahkan dengan cara yang lebih buruk dari mimpi buruknya.

membaca, adalah perintah Allah yang pertama. jadi budaya membaca adalah budaya yang mulia. karena ia ditanamkan langsung oleh Allah, yang Maha Kuasa.

Selamat membaca.. membaca... dan membangun bangsa.
untuk HARBUKNAS yang terdipakan dan dilupakan. atau yang tak dikenal?
17 MEI HARBUKNAS yang harus dipandang.

2 comments:

  1. kok nggak pernah disebut2 ya?
    di media pun saya belum pernah dengar,
    dan baru kali ini tahu yang namanya harbuknas,
    tahu juga harjongnas (hari tajong nasional) hehe,
    memang sejarahnya harbuknas gimana gitu?
    apakah ada kaitannya dengan penerbitan buku, penyempurnaan ejaan, atau apa?

    ReplyDelete
  2. saya bukannya melupakan atau sengaja terlupa

    tapi emang ga' tahu ada hari kaya ginian

    ReplyDelete