Monday, May 11, 2009

muslimah bercadar


saat ini, mungkin akulah satu-satunya wanita berjilbab panjang dari angkatanku di sekolah. meskipun masih banyak lagi kakak-kakak kelasku yang berjilbab panjang.

meski begitu, aku tak harus mengisolasi diri dari orang-orang yang ber'jibsi' atupun yang tidak berjilbab. sampai saat ini aku memiliki dua sahabat berjilbab yang bernama Dea dan NUrul (meski tidak panjang, dan jilbab mereka tidak sexy') dan dua orang sahabat lainnya yang tidak berjilbab, mereka bernama Devi dan Putri.

pernah suatu hari, saat aku baru pulang dari rumah Devi. aku melihat seorang muslimah yang bercadar. padanya aku bertanya, "dari dulu ya, dia pakai cadar?". "ah, ngga kok. dulu dia berjilbab biasa aja, cuma habis nikah dia langsung pakai cadar" jawabnya lancar. "ooh.." hanya 'ooh' jawabanku. "eh lis, jangan-jangan lo bakal kaya dia lagi kalau udah nikah", begitulah celoteh temanku itu.

pakai cadar??
memang sering ditanyakan orang-orang kepadaku. terlebih saat film Ayat-ayat Cinta membludak.

yah, aku juga sempat mendengar kalau kakak kelasku yang dulu berjilbab panjang dan kini menikah telah memakai cvadar. menurutku, mungkin bagi mereka yang telah menikah cadar adalah pertanda bahwa wajahnya adalah milik suaminya dan hanya bisa dinikmati oleh suaminya. bagus memang, tapi, apakah aku harus seperti itu juga. wallahu'alam. aku tidak ingin berkata tidak, apalagi iya.

tapi setahuku, cadar hanyalah tradisi bangsa arab. dan bukanlah murni ajaran islam. jadi, biarlah aku mencoba menjaga kemurnian islamku. meski diri ini nantinya akan jadi milik suamiku juga.

so,, apakah aku akan pakai cadar?

who's know?
wallahu'alam bishshawab

2 comments:

  1. --saat ini, mungkin akulah satu-satunya wanita berjilbab dari angkatanku di sekolah. meskipun masih banyak lagi kakak-kakak kelasku yang berjilbab panjang.--

    waduh?! masa iya?!

    tapi Syukur Alhamdulillah masih ada walaupun sedikit, hehe

    yang saya tahu tentang hukum cadar itu yaitu sesuatu hal yang memiliki keutamaan dan biasa dilakukan oleh istri nabi saw.

    ada pula hadits yang menganjurkannya, untuk kesempurnaan hijab, tetapi jangan sampai merendahkan wanita yang bercadar, karena mereka juga mungkin memegang dalilnya (karena ada sekelompok orang yang tidak suka atas pemakaian cadar itu dengan menyebutnya perbuatan bid'ah)

    ReplyDelete
  2. cadar tradisi bangsa arab??
    Dduh..bukan..
    sblm ayat hijab turun, ndak ad org arab jilbaban
    pdhl ayat itu brlaku universal smpai manusia t'akhr d bumi
    jd.. cadar it adl pakaian muslimah seluruhnya
    smangat jeng..smoga ketulusanmu menjaga kemurnian islammu beroleh jawab dariNya..dgn kemantapan hati menyempurnakan hijab..
    Bismillah

    ReplyDelete